SHARE


ENERGYWORLDINDONESIA (ENERGYWORLD.CO.ID) –
 Dari sejumlah informasi energi yang menarik pada acara National Energy Week (NEW), diantaranya berkaitan dengan PLN dan PLTN. M Ikhsan Asaad, Direktur Mega Project dan EBT PLN menyatakan bahwa PLN selaku BUMN yang memiliki peran penting menghidupi 270 juta rakyat Indonesia sangat mendukung pengembangan EBT dengan tidak lagi membangun fossil energy-based plant dan menyatukan visi untuk menggerakan ekonomi Indonesia.

Selain itu, pada diskusi hari ke-4 bertajuk Progres PLTN di tanah air, Komunitas Migas Indonesia di Rusia dan Eropa Timur (KMI RET) mempertemukan Kepala Pusat Kajian Sistem Energi Nuklir BATAN, Dr. Suparman, Kepala Perwakilan Thorcon Indonesia, Bob Sulaiman Effendi dan Anggota DPR Komisi VII 2014-2019, DR. H. Kurtubi.

Walaupun diberikan waktu yang terbatas, diskusi panas saat itu melahirkan sebuah kesepakatan lisan terkait kolaborasi. “Akhirnya setelah 4 tahun, Batan menyatakan siap bekerjasama dengan Thorcon sebatas litbang yang disampaikan oleh Kepala Pusat Energi Nuklir, Suparman dalam Webinar National Energy Weeks”, tulis Bob Effendi, Perwakilan Thorcon Indonesia pada akun instagram @bobsoef

National Energy Week (NEW) merupakan program pembuka KMI RET yang telah dilaksanakan pada 10 sampai 14 Maret 2021 dengan tema “Membangun Industri Energi Terintegrasi dan Berkelanjutan”. Program NEW ini didukung oleh 20 (dua puluh) partner dan sponsor. Acara ini berlangsung selama 5 (lima) hari berturut-turut dan dihadiri oleh kurang lebih 400 (empat ratus) partisipan setiap harinya dengan sekitar 780 (tujuh ratus delapan puluh) pendaftar, hal tersebut menjadikan NEW sebagai online event energi nasional terbesar di Indonesia 2021.

Acara NEW terdiri dari 2 rangkaian yakni Job Fair dan Panel Discussion. Rangkaian acara Job Fair menghadirkan 15 (lima belas) pembicara dari 10 (sepuluh) perusahaan ternama dengan 3 (tiga) topik menarik yaitu Company Sharing, Career Building, dan Career Clinics. Sedangkan rangkaian acara Panel Discussion menghadirkan lebih dari 30 (tiga puluh) pembicara penggiat energi dengan topik-topik aktual dan komprehensif meliputi “target 1 juta BOPD”; “Prospek EBTK”; “Teknologi Kendaraan Listrik”; “Progres PLTN”; dan “Praktek Terbaik K3”.

Selain inspirasi dan motivasi, Peserta juga melatih soft skill dan hard skill yang dibutuhkan dalam dunia migas melalui pelatihan dan diskusi langsung dengan para ahli. “Topik “Behavioral Based Interview” pada ruang ke-2 seru dan menyenangkan, banyak diberikan info-info mengenai pertanyaan interview. Terdapat semacam roleplay yang berperan sebagai pewawancara dan yang diwawancarai sehingga acara semakin menarik,” ujar Liswanda Ayu salah satu peserta career clinic di acara “National Energy Week”.

Selain itu, para mahasiswa dan profesional muda juga dapat memperoleh insight penelitian terkait eksplorasi dan pengembangan lapangan migas dalam dan luar negeri, capaian energy mix, upaya menarik investasi, serta adaptasi terhadap energi transisi dan digitalisasi.

Seperti halnya dengan Ketua KMI Pusat, Herry Putranto, Ketua I dan II KMI RET, Muhammad Iksan kiat dan Francesco Redy Karo-karo meyakini bahwa NEW adalah bentuk cicilan kontribusi kepada bangsa atau batu loncatan pertama menyongsong kontribusi yang lebih real kedepan. KMI RET berencana menyelenggarakan Energy Week pada tataran Regional atau GLobal dengan menghadirkan CEO perusahaan-perusahaan energi, Direktur NGO dan Regulator serta akademisi dari berbagai belahan dunia guna menarik investasi dan memperkuat sinergi dan kolaborasi antar negara terkhusus bagi kepentingan nasional. Sehingga kedepan, kemandirian, ketahanan dan kedaulatan energi Bangsa dapat terwujud. “Tentu dari segudang potensi energi yang kita (Indonesia) miliki, di masa depan Indonesia bisa menjadi raksasa energi, tak hanya itu, ketika kelebihan listrik, kita bisa ekspor ke singapura dan malaysia,” kata Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional, Djoko Siswanto.

“Event webinar dan job fair yang sangat luar biasa, dengan speaker yang sangat berpengalaman dan materi yang disampaikan sangat memotivasi saya. Terima kasih banyak untuk panitia karena telah sukses mengadakan webinar dan job fair ini. Untuk acara selanjutnya semoga terlaksana dan sukses terus. Amin,” ungkap Hendra Purnama pada hasil survey feedback acara NEW.

Melihat respon positif yang disampaikan oleh para partisipan tersebut memungkinkan KMI RET untuk kembali mengadakan program ini dengan skala yang lebih besar kedepannya. (RED-MGS)

MIGASNESIA.COM – Media Partner untuk National Energy Week 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here