SHARE
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said

Jakarta, GEO ENERGI – Pemerintah melalui Kementerian ESDM mendorong penggunaan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) hingga 19 persen pada 2019. Penggunaan EBT diharapkan terus meingkat guna menurunkan ketergantungan pada energi fosil.

“Saat ini energi terbarukan masih kisaran lima hingga enam persen. Pemerintah akan menaikkan porsinya pada 2019 hingga 19 persen,” kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said dalam acara Kumpul Media di Kementerian ESDM, Jakarta, Minggu (31/5).

Karena itu, dikatakan Sudirman diperlukan percepatan peningkatan penggunaan energi baru dan terbarukan. Salah satunya, menurut dia adalah peningkatan anggaran untuk sektor EBT tahun depan. Saat yang sama bakal dilakukan inisiasi hutan energi dan kebun energi.

Selain itu, dilakukan pemetaan daerah-daerah potensi panas bumi (geotermal), agar dapat dilakukan eksplorasi dan investasi sektor tersebut. “Nanti akan ada inisiasi mengenai kebijakan atap gedung. Gedung-gedung pemerintahan di beberapa kota akan dipasangi panel surya,” paparnya.

Pada 2025, menurut dia pemerintah berharap energi baru dan terbarukan dapat mencapai 25 persen. “Kita jangan lagi berpikir pragmatis, energi terbarukan sangat perlu dalam menjaga energi secara berkelanjutan. Sehingga, kita tidak hanya bergantung energi fosil, pemerintah juga mendorong konservasi energi hingga 10 persen pada 2019.”(ABA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here