SHARE
Managing Blue Gold, Rashid Bin Ramly.

Jakarta, GEO ENERGI – Ada pemandangan menarik dalam pameran Indowater di Jakarta Hall Conference Center (JHCC) yang digelar Napindo, pada 27-29 Mei 2015. Temuan berbasis green technology menawarkan sebuah alat yang bisa menghasilkan air mineral dari udara.

“Anda tidak perlu lagi susah-susah mencari air untuk minum, cukup dengan menggunakan Atmospheric Water Generator (berbentuk seperti dispenser, red). Tidak memerlukan pipa untuk mendapatkan air,” kata Managing Blue Gold, Rashid Bin Ramly, kepada Geoenergi di JHCC, Rabu (27/5).

Blue Gold merupakan perusahaan asal Malaysia yang hendak membuka cabang di Indonesia. Dengan teknologi tersebut, menurut Rashid, bisa dihasilkan air dengan level pengembangan terbaru, yang diambil dari kelembaban udara ataupun embun dan mengubahnya menjadi air mineral.

Dikatakan Rashid, sistem penyaringan multistage ini tidak hanya efektif menghilangkan kandungan konsentrat anomia yang tinggi dalam air. Tapi juga menghasilkan air minum murni, dengan menggunakan teknologi penyaringan terbaru, dan sinar ultraviolet dalam sistem sirkulasi.

“Alat ini sangat sederhana kerjanya. Anda tidak perlu mencari air, tapi air mencari alat kita yang bisa disulap jadi air minum,” papar pensiunan tentara Diraja Malaysia ini sembari tersenyum.

Sekalipun berada di gurun pasir maupun gunung es, menurut dia kita bisa memperoleh minuman sehat. Dengan bantuan generator atau solar cell, alat ini bisa bekerja dan menampung air. Dari yang terkecil, sekitar 30liter/ hari, untuk perumahan hingga 10 ribu liter/ hari untuk kantor ataupun pabrik.

Selain bekerja amat sederhana, Atmospheric Water Generator bisa ditaruh di mana saja, menyerap kelembaban udara, dan menyaringnya dalam filter tabung-tabung kecil di dalamnya. Alat otomatis menyaring, memisahkan dan mengurai zat-zat yang berbahaya dan menghasilkan mineral yang bisa langsung diteguk.

Kali pertama ditemukan di Amerika, alat ini sudah digunakan di rumah-rumah sakit Malaysia. Termasuk satuan tentara Diraja Malaysia yang bertugas di pulau-pulau terpencil. Bisa juga digunakan di daerah-daerah konstruksi oil dan gas, berikut kawasan pertambangan yang notabene sulit didapat air bersih dengan kadar PH antara 6,5 – 8.

Tak diragukan lagi, Atmospheric Water Generator merupakan terobosan baru perkembangan teknologi untuk memenuhi kebutuhan air mineral di masa depan. Alhasil, Anda tak usah takut kehabisan air dengan tersedianya alat ajaib ini. Jangan lupa, ini bukan sulap, bukan pula sihir.(SUN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here