SHARE
ILUSTRASI

Teheran, GEO ENERGI – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said menjajaki rencana pembelian minyak mentah dari Iran. Hal itu merupakan tindak lanjut pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo dengan Presiden Republik Islam Iran dalam Konferensi Asia Afika (KAA), pada 23 April 2015 lalu.

“Salah satu pokok diskusi dalam pertemuan bilateral Presiden RI dengan Presiden Iran saat KAA lalu adalah kerja sama energi,” ungkap Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana di Teheran, Ahad (24/5).

Dikatakan Dadan, Menteri ESDM bertemu dengan Menteri Perminyakan Iran, Bijan Namdar Zangeneh, pada Sabtu (23/5) kemarin. Pertemuan menyepakati dua hal pokok, yakni pembelian crude oil dari Iran untuk Indonesia dan membuka kesempatan kepada Indonesia untuk terlibat dalam bisnis hulu migas di Iran.

Informasi yang dihimpun Geoenergi, kunjungan kerja Delegasi Indonesia ke Iran melakukan empat jenis pertemuan, yakni Joint Commission, Bilateral MESDM dan Menteri Perminyakan Iran, Pertemuan Komite Infrastruktur dan Energi, dan pertemuan teknis yang melibatkan National Oil Company (NOC).

“Dalam joint comission, kedua negara sepakat saling bekerja sama di sektor hulu migas. Kita akan menjajaki untuk bekerja sama dalam bidang engineering dan technical services, dalam bidang kilang pengolahan minyak dan fasiltas penyimpanannya di Indonesia,” pungkas Dadan.(ABA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here