SHARE
Istimewa

Jakarta, GEO ENERGI – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Indroyono Soesiloe menyarankan penggunaan e-katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) untuk meningkatkan local content di sektor mineral dan migas akan mencapai 75 persen di 5 tahun yang akan datang.

“Miris ternyata sampai sekarang local content Indonesia di migas dan mineal laut hanya kurang dari 50 persen, baik di bidang barang maupun jasa,” ujar Indroyono.

Di pengadaan barang, Indonesia masih menggunakan produk asing untuk industri migas dan mineral di laut, seperti alat bor, mata bor, dan lumpur bor. Sedangkan di bagian jasanya, perusahaan asing pun masih eksis di Indonesia, contohnya akuisisi seismik laut. Dimana masih menggunakan kapal asing yang teknologinya lebih maju dari kapal milik Indonesia.
“Solusinya, bagi para pengusaha pengadaan barang bisa langsung mendaftarkan barang atau jasanya di e-katalog LKPP, agar mempermudah promosi dan penjualan,” jelas Indroyono dalam acara dialaog Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Kelautan dan Perikanan di Menara Kadin, Jakarta, 6/4. (GDH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here