SHARE

KLHJakarta, GEO ENERGI – Maraknya tindakan penebangan ilegal atas hutan di Indonesia belakangan ini, tak ayal membuat geram Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Dari permasalahan itu pula, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ibu Siti Nurbaya pun mengambil tindakan yang sangat tegas serta memberangus para tindak pelaku kejahatan tersebut.

“Ukur berbaur, bertopang bercerai.” Bersama jajaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan lain, Ibu Siti Nurbaya bersatu padu dalam segala hal guna mempermudah tercapainya tujuan menangkap para pelaku satu per satu.

“Saya menilai bahwa kejahatan illegal logging iidentik dengan kejahatan teroris. Karena indikasi ciri-ciri yang serupa; seperti dampak luas dan merusak generasi ke depan. Kami berupaya keras untuk berantas dan harus jangan ada lagi illegal logging,” tegas Ibu Siti Nurbaya kepada Geo Energi, Jumat (27/2).

Beliau juga menambahkan, adapun beberapa langkah yang akan ditempuh oleh KLHK sebagai berikut:

1. Pembentukan Tim Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan dan Lingkungan lainnya sebagai embrio Badan P3H sesuai UU 18 Tahun 2013 yg dikhususkan untuk kejahatan korporat dan masyarakat yang terlibat.
2.Penyempurnaan regulasi.
3.Penguatan operasi preemtif-preventif-represif.
4.Koordinasi untuk dukungan penuh semua pihak (Kejaksaan-Polri) terhadp operasi yustisi.
5.Penguatan kelembagaan polhut-sporc- (satuan polirisi reaksi cepat) serta PPNS.
6.Penguatan pengamanan partisipasi masyarakat.
7. Mendorong keterlibatan masyarakay mitra Polhut (MMP) & tenaga pengamanan hutan lainnya (TPHL).
8.Diklat khusus Polhut, PPNS dan sporc.
9.Meminta kepada semua pimpinan UPT BKSDA di daerah-daerah agar aktif mengisi aplikasi pendataan sistem informasi pendataan konservasi atau SIDAK secara online & offline.
10. Konsolidasi dalam waktu dekat untuk unit-unit kerja terkait penegakan hukum dalam lingkup LHK pusat dan daerah (selektif, didahulukan daerah-daerah yang sudah diidentifikasi indikasi illegal logging-nya cukup signifikan).

Semoga, langkah yang diambil KLHK kelak dapat membuat jera para pelaku tindakan ilegal sehingga manfaat dari alam Indonesia dapat dirasakan untuk generasi mendatang seperti apa yang telah diharapkan Ibu Siti Nurbaya. (NA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here