SHARE
Arifin Tasrif/ist

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) baru adalah Arifin Tasrif. Pilihan Jokowi memilih Arifin Tasrif  yang lahir di Jakarta, 19 Juni 1953 adalah seorang profesional. Jonan yang akhirnya digantikan oleh Arifin sebagai menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia.

Nama Arifin dalam lingkaran birokrasi pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Pupuk Indonesia hingga tahun 2015, dan digantikan oleh Aas Asikin Idat.

Arifin Tasrif yang menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral dimana ia saat ini sebagai Duta Besar Jepang.

“Arifin Tasrif Menteri ESDM, beliau pernah jadi Dirut BUMN dan jadi dubes di Jepang,” ujar Jokowi di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Sejak 2017, ia telah menjadi duta besar Indonesia untuk Jepang. Sebelumnya, lulusan ITB ini merintis karir di perusahaan pelat merah tepatnya di industri pupuk.

Ia lama menjabat sebagai Direktur Utama PT Pupuk Indonesia sejak resmi menjadi holding, dari 2010 sampai 2015. Sebelumnya, ia merupakan Direktur Bisnis PT Rekayasa Industri mulai dari 1995 sampai 2001, lalu menjadi Direktur Petrokimia Gresik dari 2001 sampai 2010.

Selama menjadi duta besar Jepang, Arifin juga berperan dalam kerja sama kedua negara dalam pengembangan energi baru dan terbarukan. Arifin juga terlibat dalam sejumlah kerja sama bidang energi antara Indonesia dan Jepang. Salah satunya adalah penandatanganan Head of Agreement (HOA) pengembangan Blok Masela pada 16 Juni 2019 di Jepang.

Selain itu, Arifin mendampingi Menteri ESDM periode sebelumnya, Ignasius Jonan, dalam urusan kerja sama antara Indonesia-Jepang terkait pengembangan energi hijau melalui produk turunan kelapa sawit.

Arifin Tasrif merupakan seorang Minangkabau yang menyelesaikan pendidikan sarjananya di Institut Teknologi Bandung jurusan Teknik Kimia pada tahun 1972. Pada tahun 2011, ia menerima Honorary Fellowship Award dari AFEO (ASEAN Federation of Engineering Organization), atas kontribusinya dalam dunia keprofesian sebagai insinyur di Indonesia dan regional ASEAN.

Selain sebagai profesional, Arifin juga terlibat dalam kepengurusan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia.

Dia diangkat secara resmi sebagai duta besar Republik Indonesia untuk Jepang oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 13 Maret tahun 2017. Dubes RI Jepang Arifin telah menyerahkan surat kepercayaan kepada Kaisar Akihito di Istana Kekaisaran Tokyo pada tanggal 22 Juni tahun 2017. RHE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here