SHARE
GUBERNUR NTB DI KORSEL,MEMBAHAS PENGHIJAUAN BERSAMA GUBERNUR JEJU DI KOREA

MIGASNESIA – Gubernur NTB, TGH.M. Zainul Majdi bersama rombongan (20/3/2017) menghadiri Ekspo Electric Vehicle ( kendaraan listrik) terbesar di dunia yang diselenggarakan di Jeju Korea Selatan.

Ekspo ini diikuti para pengambil kebijakan terkait electric vehicle serta para produsen besar kendaraan listrik dari Asia, Amerika dan Uni Eropa. Dalam ekspo ini juga dipamerkan mobil-mobil listrik yang sudah diproduksi massal dan beroperasi di seluruh dunia.

Dalam kesempatan ini, Gubernur NTB juga mengadakan pertemuan dengan Gubernur Jeju Won, Hee Ryon, untuk membahas implementasi kerjasama antar kedua daerah dalam pariwisata, pembangunan ramah lingkungan dan energi terbarukan. Gubernur NTB mengundang Gubernur Jeju Won, Hee Ryong untuk hadir dalam NTB Invesment Forum 2017 yang akan diselenggarakan bulan Oktober yang akan datang, demikian laman birohumasprotokol.ntbprov.go.id.

Bersamaan dengan Ekspo ini, juga dilaksanakan Konferensi International Green Island Forum (IGIF) yang kelima. Gubernur NTB diminta menjadi salah satu pembicara utama dalam konferensi ini untuk membagi pengalaman implementasi konsep pengembangan hijau di NTB.

Dalam presentasinya, Gubernur menyampaikan bahwa pengalaman NTB menunjukkan konsep pengembangan hijau tidak menghambat pertumbuhan bahkan bisa menjadi pendorong pertumbuhan yang berkelanjutan. Pertumbuhan NTB selama tiga tahun berturut-turut selalu diatas rata-rata nasional dengan indeks makro yang terus membaik.

Namun Gubernur NTB juga menegaskan bahwa NTB masih berada pada tahap awal implementasi konsep pembangunan hijau sehingga masih sangat banyak hal yang harus dipelajari dan dikembangkan. Termasuk belajar dari Korea Selatan khususnya Provinsi Jeju yang telah berhasil menerapkan konsep pembangunan hijau.

Beliau menyebut Mandalika, Samota dan Global Hub Kayangan sebagai proyek-proyek masa depan NTB yang menyandarkan diri pada konsep pembangunan hijau. Selain kawasan Tiga Gili, Sekotong, Tanjung Ringgit, Ekas, Hu’u, Sape, Gili Banta termasuk pengembangan transportasi ramah lingkungan di Mataram.

Semua itu merupakan komitmen Pemerintah NTB untuk memastikan pembangunan NTB dapat berkelanjutan dengan menjaga daya dukung lingkungan secara maksimal. | ARZ

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here