SHARE

MIGASNESIA – Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan melakukan penimbunan minyak pada penampungan luar negeri.

Menteri ESDM Sudirman Said mengungkapkan, alasan utama menyimpan minyak tersebut diluar negeri dikarenakan penampungan minyak ditanah air belum memadai. Sehingga momen harga minyak murah menjadi keuntungan bagi Indonesia. Terutama untuk menibgkatkan ketahan energi.
“Kita harus memupuk cadangan, dan kalau belinya sekarang, kalau punya uang nih sekarang,” kata Sudirman pada media di Jakarta, seperti dikutip pada Selasa (29/3/2016).

Sudirman menuturkam, minyak yang disimpan pada tangki penyimpanan minyak tersebut adalah milik negara yang minyaknya dibeli oleh Indonesia. Sehingga dengan cara ini dapat membuat Indonesia memiliki cadangan minyak. Terlebih sistem tersebut juga telah digunakan oleh banyak negara.

“Saya jelaskan, kita tidak punya cukup sarana penyimpanan, jadi jalan keluarnya waktu kita beli sementara kita titipkan di penjual, sama seperti pembeli yang lain,” umjelasnya.

‎Agar tidak terjadi kesalah pahaman saat melakukan sistem ini, pemerintah tengah melakukan diskusi untuk merealisasikan rencana tersebut.

‎”Tergantung diskusinya,‎ Itu masih jauh, jadi tidak usah dipikirin, bagaimana kita mau beli, jadi tidak usah,” tutup mantan Dirut PT Pindad ini. (REZA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here