SHARE
Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang,

MIGASNESIA – Menanggapi pernyataan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) yang menyebut harga BBM di Indonesia lebih mahal ketimbang negara tetangga. Direktur Pemasaran dan Niaga PT Pertamina (Persero) Ahmad Bambang mengungkapkan jika harga lebih mahal disebabkan biaya distribusi yang lebih mahal

“Ada beberapa komponen pembentuk harga BBM seperti kebijakan negara dan juga proses distribusi. Singapura tidak ada biaya distribusi, pasti juga murah karena negaranya mengincar jasa internasional,” ujar Bambang pada media di Jakarta, Selasa (29/3/2016).

Bambang menjelaskan, dalam setiap negara memiliki kebijakan terhadap harga BBM, salah satunya kondisi geografis di Indonesia memiliki perbedaan dengan negara-negara lainnya.

Dia mencontohkan harga avtur. Di Singapura jauh lebih murah jika dibandingkan dengan Indonesia karena kondisi geografis Singapura jauh berbeda dengan Indonesia. Di Singapura tidak ada biaya distribusi dan subsidi silang untuk harga avtur di bandara yang letaknya lebih jauh. Sedangkan di Indonesia dimasukkan.

“Sebenarnya di Indonesia tidak mahal-mahal banget. hanya sering kali orang melihat dari harga avtur di Indonesia dibanding dengan Singapura. Kalau BBM bandingkan ke Malaysia. Kalau Pertamax dibanding dengansingapura. kalau perbandingannya begitu jelas kelihatan mahal,” terang Bambang. (REZA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here