SHARE
foto: Mersiu

MIGASNESIA – Akhirnya kemenangan ‘Telak’ diperoleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya/ Menko Maritim Rizal Ramli atas ide pengembangan proyek Blok Masela di Maluku dengan skema onshore/darat.

Kemenangan Rizal diperoleh dari keputusan Presiden Joko Widodo/Jokowi yang menyebut keputusan ini diambil Jokowi dengan mempertimbangkan berbagai masukan dan saran yang diberikan berbagai pihak, terutama perekonomian masyarakat sekitar.

Rizal Ramli mengatakan kalau pembangunan dengan pipa darat akan menghidupkan ekonomi sekitar daerah pengembangan Blok Masela tersebut. Namun jika dibangun off shore, maka semuanya akan hilang.

“Kami ingin dibangun onshore tidak offshore seperti idenya Kementerian ESDM dan SKK Migas, karena kalau onshore kita bisa bentuk kota baru, Indonesia timur akan hidup, sehingga cita-cita Pak Jokowi poros maritim akan jalan,” kata dia beberapa waktu lalu di Jakarta.

Rizal memperkuat, jika pengembangan blok dengan cadangan terbesar ini menggunakan kapal gas alam cair terapung/Floating LNG tidak akan mendapat respon dari masyarakat, karena telah mengambil kekayaan alamnya oleh kepentingan asing.

“Sepertiga ikan di Indonesia dari Maluku, diekspor ke seluruh dunia tapi rakyat nyaris tidak dapat apa-apa, Tuhan maha pengasih penyayang, yaitu gas alam, ternyata bahwa ladang yang di Masela disebut sebagai ladang abadi, potensinya tidak akan habis 70 tahun,” tuturnya. (REZA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here