SHARE

MIGASNESIA – Menteri Energi Sumber Daya Mineral/ESDM Sudirman Said mengaku akan segera menyelesaikan pembentukan badan pengelola dana ketahanan energi/BP-DKE pada tahun ini.

“Untuk BP-DKE harus tahun ini harus. Tahun ini insya Allah terbentuk,” Kata Sudirman pada media saat memberikan keterangan di Jakarta.

Dijelaskan Mantan Dirut PT Pindad ini, pembentukan DKE ini tidak akan membebankan dari iuran masyarakat melainkan menggunakan dana Anggara Pendapatan dan Belanja Negara/APBN. Untuk itu pemerintah harus melakukan pertemuan untuk membahas ini.

“Maka Pemerintah perlu berdiskusi terlebih dahulu dengan Dewan Perwakilan Rakyat/DPR,” terang Sudirman,

Lebih lanjut dia mengatakan untuk menguatkan argumen ke legislatif jika APBN yang digunakan bukanlah membentuk dan mengalokasikan anggaran baru,melainkan perlu adanya payung hukum berupa peraturan pemerintah (PP).

“Segera, kita sedang siapkan draf PP-nya. Perlu waktu dua sampai tiga bulan,” tuturnya.

Secara informal diakuinya telah membicarakan dengan Komisi VII DPR RI, dan DPR pun telah menyatakan setuju untuk menerapkan DKE. Begitu pula dengan Kementerian Keuangan sebagai bendahara negara.

“Tidak apa-apa terlambat sedikit dari rencana tapi begitu dibangun solid secara pendanaan maupun landasan hukumnya,” tutup Sudirman. (Reza)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here