SHARE
Istimewa

MIGASNESIA – Gubernur Papua Lukas Enembe, dengan percaya diri/Pd meminta PT Freeport Indonesia (PTFI) menyerahkan saham sebesar 10,64 persen secara gratiskepada pemerintah provinsi/pemprov Papua. Hal itu dikarenakan perusahaan tambang raksasa asal Amerika Serikat (AS) itu telah mengeruk kekayaan di negeri Papua.

“Kita justru minta gratis. Tidak usah bayar-bayar karena dia sudah mengambil kekayaan kita,” kata Lukas di Jakarta.

Diakui dia, pihak pemprov Papua sedang melakukan diskusi untuk mengambil sebagian porsi saham yang bernilai USD1,7 miliar ini masih dalam diskusi jajaran Pemprov.

“Kita juga masih dan terus diskusikan untuk pengambilan porsi saham tersebut,” terangnya.

Seperti diketahui, Freeport telah melepaskan sahamnya kepada pemerintah Indonesia, dan melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara/BUMN direncanakan akan mengambil saham tersebut. Namun, jika BUMN tidak mengambilnya maka ditawarkan kepada Badan Usaha Milik Daerah/BUMD atau Pemerintah Daerah, jika kembali tidak dilirik, maka terakhir akan ditawarkan kepada perusahaan Swasta.

Sejauh ini, belum ada kesepakatan yang mutlak dari pemerintah pusat selama saham Freeport dilepas. Malahan antara Kementerian Keuangan/Kemenkeu dan BUMN. (REZA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here