SHARE
Foto: Kaskus

MIGASNESIA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara/BUMN memastikan perusahaan pelat merah tambang yakni PT Aneka Tambang dan PT Indonesia Asahan Alumunium/Inalum, akan membangun pabrik pengolahan dan pemurnian mineral (smelter) grade alumina (SGA) di Mempawah, Kalimantan Barat bisa dibangun tahun ini.

“MoU sudah ditandatangi satu bulan lalu. Feasibility study dilakukan tiga sampai empat bulan. Mudah-mudahan 2016 bisa dibangun,” kata Staf Khusus Kementerian BUMN, Sahala Lumban Gaol saat dikomfirmasi, di Jakarta.

Dia menjelaskan, pembangunan ini untuk mendukung dunia pertambangan di tanah air dan pembangunan kereta cepat.

Lebih lanjut, setelah smelter dibangun, secara linear juga segera dibangun pabrik alumunium slap antara PT Inalum dengan China Corporation. Pembangunan pabrik ini bertujuan untuk menjadi pemasok alumunium untuk rolling stock kereta cepat di Tiongkok.

“Jadi kalau kita punya pabrik assembling (perakitan), ada pasokan ke rolling stock. Kita akan selesaikan akhir Februari joint venture-nya,” ucap dia.

Diakui Sahala, dengan adanya pabrik perakitan rolling stock, kereta ini akan mempercepat pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung.”Pembangunan assembling rolling stock dibangun 2016 juga. Ini penting jadi kesatuan pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung,” tutup dia. (REZA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here