SHARE
ILUSTRASI

MIGASNESIA – Mantan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Indragiri Hulu, Riau Khairizal akhirnya diperiksa Kejaksaan Agung terkait izin penambangan liar di wilayah tersebut. Dalam rilis yang terima redaksi, pemeriksaan berlangsung selama 7 jam, hari ini, Kamis, (28/01). Di pilkada lalu, Khairizal digadang jadi calon wakil bupati berpasangan dengan Yopi Ariyanto.

Dalam perjalanannya, praktek tambang liar di kawasan tersebut terus menjamur salah satunya galian Batu Andesit sejenis galin C di daerah Usul Kecamatan Batang Gangsal. Praktek itu, berkedok dibalik Izin Usaha Pertambangan (IUP) Koperasi Bentarang Jaya No. No.6/BPMD & PPT/BP-IUP/V/2012 yang dikeluarkan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Inhu.

Padahal praktek tambang tersebut masuk wilayah Kawasan Hutan yang dilarang Undang-Undang, namun terbiarkan tanpa ada penegasan atau tindak tegas dari insitusi terkait yakni seperti instansi Dinas Kehutanan Inhu, Dinas Pertambangan, Badan Lingkungan Hidup atau BPPT.

Dinas Pertambangan dan Energi Indragiri Hulu sendiri membenarkan adanya praktik penambangan batu andesit di Desa Usul Kecamatan Batanggansal dan mengakui bahwa areal praktik tambang diduga masuk kawasan hutan, itu domainnya dinas kehutanan, dan intinya pihak Dinas Pertambangan hanya sebatas mengeluarkan rekomendasi saja.

Selanjutnya IUP untuk Koperasi Benterang Jaya, pihak Dinas Pertambangan memberikan rekomondasi seluas 166,30 hektar untuk areal tambang mereka di Desa Usul Kecamatan Batang Gangsal. (red/jbs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here