SHARE
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said

MIGASNESIA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, mengaku bahwa situasi perdagangan tambang saat ini tengah tidak bagus. Minerba saat ini terkoreksi, bahkan sebagian pengusah batubara terpaksa harus kehilangan setengah pendapatannya. Menurut Sudirman, hal ini jarang terjadi.

“Lima tahun lalu kita ketemu dengan muka yang cerah, sangat cerah. Tapi sekarang, pengusaha kehilangan separuh pendapatannya, karena harga komoditas turun,” kata Sudirman di Kantor Ditjen Minerba, (23/12).

Dan untuk mengatasi anjloknya harga komoditas di sektor tambang ini, Sudirman mengimbau kepada pengusaha untuk melakukan pembenahan. Salah satunya mencari cara agar sektor ini bisa memberikan nilai tambah.

“Misalnya kita sedang mendorong pengusaha untuk kembangkan bisnis hilirisasi. Jadi membuat produk turunan dari tambang ini. selama ini kan kita sudah lama menjadi negara yang mudah mengekspor bahan mentah. Nah sekarang sudah saatnya melakukan sebuah perubahan agar bisa bertahan,” tandasnya. (AY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here