SHARE
foto: Mersiu

MIGASNESIA – Kondisi harga minyak mentah dunia yang terus mengalami penurunan, dinilai sudah seharusnya dijadikan landasan oleh Pemerintah untuk menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM).

Hal tersebut sebagaimana di ungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan sumber daya, Rizal Ramli, di Jakarta.

“Saya kira sih memang sudah waktunya (turun), karena harga energi di dunia terus merosot,” ungkap Rizal kepada wartawan baru-baru ini di Jakarta.

Menurut Rizal, setidaknya ada 3 alasan mengapa harga BBM tersebut harus turun. Pertama yakni karena harga energi di dunia yang saat ini tengah merosot. Seperti diketahui, harga minyak mentah dunia bahkan anjlok hingga di bawah US$ 40 per barel. Harga tersebut diklaim sebagai harga terendah sepanjang 11 tahun terakhir.

Alasan kedua, Rizal melanjutkan, yaitu karena peningkatan suplai yang tidak dibarengi oleh permintaan. Pasalnya, permintaan tersebut menurun akibat perlambatan ekonomi global.

“Ketiga, yang juga sangat penting, adalah temuan ladang minyak besar di utara Rusia. Cadangannya sangat besar sekali dan itu punya pengaruh terhadap harga minyak mentah,” pungkasnya.(AY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here