SHARE

Jakarta, GEOENERGI- Tak bisa dipungkiri, jika Indonesia telah sedikit tertinggal oleh negara-negara tetangga lainnya. Singapur misalnya, negara dengan sumder daya alam yang sedikit, bisa jauh lebih maju di bandingkan Indonesia yang memiliki banyak sumber daya alam. Mengapa bisa demikian?

Menurut Jimmy Gani, Executive Director sekaligus CEO dari lembaga pendidikan IPMI, International Business School, Indonesia kurang optimis dengan apa yang dimiliki.

“Seharusnya kita lebih optimis dengan apa yang kita miliki. Sumber daya alam kita cukup melimpah, jika hal itu dimanfaatkan untuk kemakmuran negeri ini, saya yakin Indonesia bisa jauh lebih maju dari negara tetangga,” kata Jimmy, dalam seminar Global Thought Leadership, di Jakarta, Senin (26/10).

Terkait masalah energi, tak bisa dipungkiri bahwa banyak kalangan yang meragukan kapasitas dari kemampuan bangsa ini. Yang kerap menjadi alasan adalah masalah modal, baik masalah pendanaan, sumber daya manusia maupun teknologi yang kita miliki saat ini. Tak heran jika banyak ladang migas di negeri ini yang dikuasai asing, sehingga bangsa kita tidak maksimal dalam menikmati kekayaan sumber daya alam-nya.

“Kita bisa kok, dan kita harus bisa. Sudah saatnya kita kelola kekayaan sumber daya alam kita untuk kemakmuran negeri ini. Semua harus di coba dengan keyakinan,” tandasnya. (DSU)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here