SHARE
Ilustrasi Foto: Geo Energi/Hermana

Jakarta, GEOENERGI- Kementerian Energi  dan Sumber Daya Mineral memberikan hibah barang milik negara (BMN) senilai Rp650,470 miliar kepada 156 pemerintah kabupaten/ kota di  Jawa, Sulawesi, Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Maluku dan Papua.

Sekretaris Jenderal  Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) M. Teguh Pamudji mengatakan BMN yang telah diterima oleh Pemerintah Daerah maka selanjutnya dapat dilakukan pemeliharaan. “Ini dalam rangka memenuhi kebutuhan energi dan sumber daya mineral bagi kesejahteraan masyarakat,”kata dia dalam Sambutan penandatanganan Dokumen Hibah di Nusa Dua Bali (26/10).

Pemberian Hibah ini ditandai dengan penandatanganan dokumen hibah antara Kementerian ESDM dengan para pemerintah kabupaten/kota penerima.

Teguh menjelaskan, infrastruktur yang dibangun Kementerian ESDM dan kemudian dihibahkan antara lain pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH), kemudian PLT Hybrid Surya dan Angin, Sumur Bor dalam air bersih, peralatan kegiatan produktif pengolah  gula aren, alat peraga workshop (penyaring air), lalu impelementasi biogas komunal untuk rumah tangga dan Industri UKM (limbah industri tahu), Iconic Island. “Ada juga implementasi pemanfaatan biogas skala rumah tangga, pemanfaatan kompor kayu bakar hemat energi, pemanfaatan tungku hemat energi, program pengembangan biogas untuk rumah tangga dan komersil, serta pembangunan DME BBN berbasis biogas,”tambahnya.

Penandatanganan dokumen hibah ini, lanjut Teguh, merupakan pemberian tahap kedua pasalnya pada September lalu Kementerian ESDM telah menyerahkan aset BMN sebesar  Rp.177, 377 miliar kepada 82 pemerintah kabupaten/kota. “September lalu kami sudah menyerahkan Rp.177,377 miliar,”pungkasnya. (ebtke/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here