SHARE
wikimedia.org

Jakarta, GEO ENERGI – Komentar Menko Maritim, Rizal Ramli (RR) pada beberapa media yang membandingkan pembangunan storage BBM oleh Pertamina dengan pedagang kerupuk menunjukkan RR tidak paham Trisakti dan tidak paham tentang Ketahanan Energi , begitu dikatakan Direktur Eksekutif Energy Watch Indonesia (EWI), Ferdinan Hutahaean kepada Geo Energi (17/9) via pesan singkat.

“Saya tidak mengerti mengapa RR menggunakan analogi yang menyepelekan pentingnya storage dibangun. Pembangunan storage BBM tidak boleh disamakan dengan pedagang kerupuk, itu sangat berbeda. Pembangunan storage adalah kebutuhan negara untuk menjaga stok cadangan BBM demi ketahanan energi nasional dan bukan untuk kebutuhan pedagang minyak. Beda dengan produsen kerupuk yang harus juga menyediakan kaleng kerupuknya karena itu demi kepentingan mereka bulan kepentingan yang lain atau kepentingan penjual,” jelas Ferdinand beranalogi.

Direktur EWI ini berargumen, “Mengapa produsen kerupuk harus menyediakan kalengnya? Karena produsen itu hanya menitip jual di warung dengan resiko belum tentu laku dan resiko kualitas kerupuk rusak, ketiga sistem jualnya laku dulu baru bayar. Jadi sangat jelas berbeda dengan storage BBM yang merupakan kepentingan negara dan bukan kepentingan pedagang minyak. Ini yang harus dipahami supaya jangan ada tudingan seolah olah Pertamina bodoh karena merancang pembangunan storage BBM.”

Meskipun tidak bisa menerima analogi yang dipilih RR, Ferdinand masih menerika jika ditinjau dari urgensi saat ini, maka dibanding dengan pembangunan storage kita lebih baik mengutamakan membangun kilang minyak.

“Ini lebih penting untuk bisa menurunkan kuota impor yang terus menerus meningkat setiap tahun. Lebih baik fokus pada pembangunan kilang di beberapa tempat yang menyebar dengan kapasitas yang tidak terlalu besar. Jangan tersentralisasi tapi menyebar untuk mengurangi biaya distribusi. Lebih baik membangun mini refinery yang menyebar di wilayah NKRI. Dan akan lebih bagus jika kilang dibangun bersamaan dengan storage, kebijakan ini akan membawa kita menuju Trisakti, berdaulat dan menuju ketahanan energi Ini harus didukung oleh Presiden Jokowi,” pungkasnya memberi saran. (WAW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here