SHARE
Ilustrasi

Jakarta, GEO ENERGI – Pemerintah bersama Pertamina sebaiknya segera melakukan evaluasi terhadap harga jual BBM yang belum dikoreksi kembali selama lebih dari 3 bulan terakhir. Padahal dalam Permen 39 ESDM menyatakan harga BBM dievaluasi setiap bulan, terlebih sangat penting melakukan evaluasi harga saat ini mengingat harga minyak dunia mengalami penurunan harga.

Menurut Direktur Eksekutif Energy Watch Indonesia (EWI), Ferdninand Hutahaean, saat ini adalah momen yang tepat untuk melakukan evaluasi harga sekaligus merevisi Permen ESDM No 39 yang menyatakan evaluasi harga BBM setiap bulan menjadi evaluasi setiap 6 bulan sekali. “Ini waktu yang tepat dan bisa diberlakukan mulai 1 September 2015. Rakyat juga harus diberikan kepastian tentang harga ini supaya tidak menjadi isu politik yang dijadikan merongrong Presiden. Negara ini butuh kondusifitas politik supaya ekonomi bisa dibangun sesuai program dan target2 pemerintah,” kata Ferdinand, dalam keterangan tertulisnya, Senin (24/8).

Ferdinand menambahkan, bahwa dalam kesempatan evaluasi kali ini juga, pemerintah diharapkan segera memutuskan adanya alokasi dana cadangan di APBN untuk stabilisasi harga BBM.Dan apabila dalam kurun waktu yang ditetapkan harga minyak berfluktuasi naik, dan Pertamina dalam posisi tidak dibolehkan menaikkan harga jual oleh pemerintah, maka atas instruksi Presiden dana cadangan tersebut bisa diambil oleh Pertamina guna menghindari kerugian yang timbul. Karena Pertamina harus menjual rugi BBM sebagai akibat dari penugasan negara terutama pada Premium RON 88. “Ini sangat penting, dana tersebut adalah dana cadangan yang hanya dipergunakan bila harga jual BBM dibawah harga keekonomian. Ini semacam subsidi yang berguna melindungi rakyat dari gejolak harga minyak yang mungkin saja tiba2 naik. Pemerintah jangan lagi menundanunda hal ini, ini moment tepat agar kita mulai menata satu persatu tata niaga BBM kita demi kebaikan negara, rakyat dan Pertamina,” imbuhnya. (DSU)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here