SHARE
GEO ENERGI | Ganesh Ahsha

Jakarta, GEO ENERGI – Mengangkat tema, “Pemanfaatan Limbah Sawit untuk Listrik”, forum diskusi Energi Kita (23/8) menghadirkan pembicara Dirjen EBTKE, Rida Mulyana, Direktur Badan Pengelolaan Dana Sawit, Bayu Krisnamurti, Dirut Sumber Daya Sewatama, Elan B. Fuadi, serta moderator Brigitta Manohara.

Seperti kita tahu, perkebunan kelapa sawit merupakan salah satu komiditi terbesar di beberapa daerah di Indonesia. Terutama di pulau-pulau besar seperti Kalimantan atau pun Sumatera. Tentu saja adanya perkebunan kelapa sawit tersebut juga mengharuskan dibangunnnya pabrik-pabrik kelapa sawit di daerah yang tidak jauh dari lokasi perkebunan kelapa sawit itu sendiri. Namun hadirnya pabrik-pabrik tersebut menghasilkan dampak berupa banyaknya limbah dari proses produksi yang dijalankan.

Proses produksi pabrik kelapa sawit tersebut menghasilkan limbah dengan volume yang sangat besar. Limbah tersebut bisa berupa dalam bentuk padatan maupun cair. Ternyata limbah tersebut memiliki nilai kalor yang cukup tinggi. Potensi pemanfaatan akan kalor yang dikandung, bisa menghasilkan bahan bakar untuk pembangkitan listrk. (GAA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here