SHARE
Foto: Ganesh/Geo Energi

Jakarta, GEO ENERGI– Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said, Senin (24/08) secara resmi membuka Pembekalan Brigade Energi serta Pembukaan Perkuliahan Program In-House Energy Management MBA (ENEMBA) yang dilaksanakan di Pusdiklat EBTKE, Ciracas, Jakarta Timur. Pembekalan Brigade Energi merupakan program yang bertujuan untuk menjadikan para peserta yang berjumlah 1128 orang Pegawai Kementerian ESDM sebagai duta dalam mensosialisasikan penghematan energi.

“Saat ini, kondisi energi di Indonesia mengalami krisis, produksi oil and gas menurun, namun konsumsi terus meningkat. Ditambah lagi, kemampuan infrastruktur yang tidak mampu melayani kebutuhan masyarakat, hal ini menciptakan adanya jarak antara kemampuan dalam melayani masyarakat dan kebutuhan masyarakat akan konsumsi energi”, kata Sudirman dalam arahannya.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Sudirman menjelaskan, dua pendekatan dapat dilakukan, pertama pendekatan minimalis dan kedua pendekatan kejuangan. Pendekatan minimalis, kita berusaha sesuai kemampuan, apa adanya, sehingga dapat membuat krisis terasa makin besar dan pendekatan kejuangan, kita memilih mengerjakan apa yang dibutuhkan oleh bangsa dan masyarakat.

“Aspek yang dapat mendukung pendekatan kedua ini adalah kreativitas, upaya, skill, ilmu pengetahuan dan keberanian mengambil resiko. Aspek-aspek tersebut yang dibutuhkan untuk menjembatani kemampuan dan kebutuhan,” jelas Sudirman.

Selanjutnya Sudirman mengatakan, di balik berbagai aspek yang dibutuhkan tersebut, ada aspek yang dapat mengganggu usaha dalam menjembatani kemampuan dan kebutuhan yaitu pragmatisme berlebihan, cara pandang jangka pendek, sikap berkhianat pada publik serta sikap koruptif dan untuk menghindari aspek tersebut, Sudirman menyarankan untuk memaksimalkan apa yang kita punya, termasuk kreativitas, upaya, teknologi, ilmu pengetahuan dan keberanian”, ungkap Sudirman.

Sebagai penutup, Sudirman, “Pendidikan adalah investasi yang tidak pernah salah. Maka, teman-teman harus dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menambah perbekalan karena teman-teman yang akan menjadi duta dari Kementerian ESDM untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat bagaimana kita mengelola energi ke depan. Jadi, gunakan kesempatan ini secara maksimal”, pungkas Sudirman. (HER/ESDM/WA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here