SHARE
Foto: Ganesh/Geo Energi

Jakarta, GEO ENERGI – Presiden Joko Widodo sempat membahas isu akan didirikannya badan usaha milik negara (BUMN) baru yang fokus mengolah pengembangan panas bumi di Indonesia saat mengisi pidato sambutan di acara
The 4th Indonesia EBTKE Conference and Exhibition sekaligus Indonesia International Geothermal Convention and Exhibition (IIGCE) 2015 di Jakarta Convention Center (19/8).

“Sebenarnya sudah ada diskusi tentang BUMN khusus panas bumi. Perimbangannya agar bisa fokus mengatur lapangan panas bumi di Indonesia,” ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said saat konferensi pers.

Menurut Sudirman, pemikiran tersebut muncul karena pada kenyataannya sampai saat ini perusahaan yang mengolah panas bumi masih merupakan anak perusahaan, yaitu PT. Pertamina Geothermal Energy (PGE) sehingga masih kurang diprioritaskan.

Sudirman menggambarkan BUMN khusus panas bumi ini akan berupa perusahaan yang dimana pemerintah nantinya dapat menyuntik modal untuk kegiatan awal seperti eksplorasi dan studi awal. Dan hingga akhirnya dapat dilakukan kerjasama operasional dengan investor.

“Pak presiden baru ingin melakukan public endorsement agar nantinya ide ini bisa dipikirkan secara matang ke depannya,” pungkasnya. (GDH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here