SHARE
Foto: Ganesh/Geo Energi

Jakarta, GEO ENERGI – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan penyebab utama harga batubara di dalam negri anjlok lantaran banyak pengusaha yang tidak melakukan Kontrak Karya (KK), sehingga pemerintah memintah perusahaan tambang untuk segera melakukan Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara.

“Saya belum dapat laporan yang rinci, tapi sudah pasti kondisi seperti ini, tidak ada yang melakukan perpanjangan kontrak. Dulu kan banyak penambang-penambang kecil yang menjual hasilnya dengan harga tinggi tapi tetap ekonomis, tapi sekarang penambang kecil yang ekonomis pun harganya sudah tidak ekonomis lagi. Jadi, sudah pasti satu per satu mengalami penurunan,” kata Sudirman Said usai melakukan penandatangan Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B-) di Kantor Direktorat Jendral Mineral dan Batubara, Jakarta, Rabu (5/8).

Menurutnya, pengusaha tambang tidak memperpanjang kontraknya lantaran kinerja keuangan tak memenuhi persyaratan. “Saya kira mungkin 50 persen mengalami masalah krisis saat ini,” lanjutnya.

Dengan kondisi ini, pemerintah dapat melihat perusahaan-perusahaan yang benar serius mendukung sektor energi di Indonesia.

“Ini seleksi alam. Yang punya napas dan kejutan akan bertahan. suatu industri akan diisi oleh orang-orang yang serius dan merencanakan dengan baik entah itu safety dan dampak ke lingkungan juga mampu memanfaatkan teknologi lebih baik supaya lebih efisien,” pungkasnya. (REZ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here