SHARE
Istimewa

Jakarta, GEO ENERGI – Pasca ditahannya para tersangka kasus suap bongkar muat di Tanjung Priok, Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel merombak jajaran pejabat di Kementerian Perdagangan (Kemendag). Perombakan tak hanya di Direktorat Jenderal (Ditjen) Perdagangan Luar Negeri (Daglu) namun juga di ditjen lain.

“Eselon III dan IV ya, kami melakukan mutasi khususnya di Direktorat Perdagangan Luar Negeri. Mutasi ini dilakukan bukan hanya di Direktorat Perdagangan Luar Negeri tapi di seluruh direktorat jenderal untuk penyegaran juga sekaligus sebagai momentum untuk memperbaiki manajemen kita untuk memperbaiki kinerja kita,” kata Gobel di kantornya, Senin (3/8).

Gobel menjelaskan kebijakan mutasi di kementeriannya sebagai respons dari kasus yang saat ini sedang berlangsung. Pihaknya juga telah menonaktifkan pejabat yang sudah menjadi tersangka yaitu Partogi Pangaribuan yang sebelumnya Dirjen Daglu.

Untuk mengganti kekosongan kepemimpinan, Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendag Karyanto Suprih ditunjuk menjadi Plt Dirjen Perdagangan Luar Negeri. Gobel mengharapakan dengan ditunjuknya Suprih akan ada pembenahan dan evaluasi kepada semua perizinan yang ada.

Gobel juga akan melakukan penyegaran di antara pegawai level terdepan untuk mengatasi pelayanan. Akan tetapi mutasi tersebuat akan dilakukan secara bertahap untuk menghindari terganggunya kegiatan pelayanan ke masyarakat.

“Kita akan terus melakukan ini tapi bertahap supaya nggak goyang. Kalau semua tiba-tiba diubah nanti orang baru semua kan bisa jadi stagnan,” tutupnya. (GDH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here