SHARE
Foto: Ganesh/Geo Energi

Jakarta, GEO ENERGI– Banyak kalangan yang mengatakan bahwa Indonesia tengah masuk pada krisis energi. Miris memang, pasalnya Indonesia merupakan negara yang dikenal memiliki banyak sumber daya alam yang berlimpah. Lalu dimana salahnya? Kok Indonesia bisa mengalami krisis energi? Siapa dan apa yang salah?

Melihat fenomena ini, Mauren P.L. Toruan, Manager Energy Business Group, PT. Mitsubishi Corporation IndonesiaMenurutnya, mengatakan bahwa Indonesia harus mulai menggenjot pemakaian energi diluar minyak, semisal gas. Dimana menurut pandangan dia, sumber gas kita masih cukup untuk 40 tahun kedepan, dibandingkan dengan sumber minyak kita yang menurutnya kurang lebih hanya cukup sampai 10 tahun. “Banyak sumber gas kita yang belum di eksplorasi dan dimanfaatkan secara penuh. Paling tidak, jika kita mulai gencar melakukan diversifikasi dari minyak ke energi lain, kita masih punya daya tahan energi yang lebih panjang. Pembangunan infrastruktur sebagai penunjang industri pun harus di upayakan. Misalnya, sumber gas kita yang lebih banyak di wilayah Indonesia Timur, sedangkan kebutuhan lebih banyak di barat. Jadi ini kan, perlu di pikirkan bagaimana ketersediaan infrastruktur yang bisa menghubungkan antara timur dan barat,” kata pria yang akrab disa Moren,
ini.

Selain gas, menurut Moren pemanfaatan akan energi lain seperti energi baru terbarukan semisal panas bumi juga harus mulai dipikirkan. Dimana Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki sumber energi panas bumi terbesar di dunia hanya baru memanfaatkan energi tersebut sekitar 5 persen. Selain masalah pemanfaatan energi lain yang masih kurang diberdayakan, Moren pun menyinggung akan sumber daya manusia yang dimiliki bangsa ini. “Banyak ahli di bidang energi, misalnya para ahli di bidang panas bumi yang dimiliki Indonesia yang menurut saya kurang diberdayakan dengan baik,” imbuhnya.

Sebagai orang asli Indonesia yang bekerja pada perusahaan Jepang, yang telah banyak mengikuti kebijakan energi Negeri Sakura tersebut, Moren pun merasa miris dengan krisis energi yang tengah kita hadapi. “Dari lubuk hati saya, saya merasa miris dengan kondisi bangsa kita yang memiliki sumber daya yang cukup besar yang tertinggal dari Jepang yang memiliki sedikit sumber daya alam, tapi bisa memenuhi kebutuhan energi mereka untuk jangka waktu yang cukup panjang,” ujar Moren. (DSU)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here