SHARE
ILUSTRASI

Jakarta, GEO ENERGI -Menutup pasar perdagangan Kamis (30/7), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami penurunan 9 poin (-0,18%) atau ke level Rp4.712,49, dengan nilai transaksi di pasar reguler sebesar Rp3,8 triliun. Penurunan ini sendiri terbawa sentimen negatif dari sektor consumer setelah unilever melaporkan‎ laporan keuangan semester 2 tahun 2015 yang lebih rendah dari estimasi pasar.

Tidak hanya IHSG, penurunan juga terjadi pada nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS), yakni di Rp13.469 per dolar.

Adapun saham-saham yang menjadi pemberat bursa, antara lain PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Gudang Garam Tbk, PT Unilever Indonesia Tbk, PT Indocement Tungal Prakasa Tbk dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Dimana asing tercatat melakukan net buy sebesar Rp286,2 miliar dengan saham-saham PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Astra International Tbk dan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk.

Jika dilihat secara teknikal, indeks turun meski volume rendah dan tutup dibawah MA5-nya. Stochastic dan RSI flat sementara MACD negatif divergence. (REZ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here