SHARE
Foto: Geo Energi

Jakarta, GEO ENERGI – Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengaku akan melaksanakan projek subsidi langsung elpiji 3 Kilogram (Kg) yang kemarin dirancang pada Agustus 2015.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian ESDM mengatakan, pilot project tersebut akan dilaksanakan di 3 wilayah yang berada di 3 kepulauan yang yang tidak terhubung wilayah lain seperti Batam, Madura dan Bali. Pemilihan ketiga pulau tersebut agar hasilnya dapat segera terlihat.

“Target kita tahun ini di tiga daerah pilot projectnya. kita coba dulu pilot project Agustus mulai. Batam sebulan dua bulan kesulitan seperti apa melangkah, ke dua Tarakan. Mungkin Bali, harus daerah terisolasi tidak bisa rembes kesamping Madura,” katanya kepada wartawan di Jakarta, Kamis (30/7).

Setelah dilakukan uji coba dan membuahkan hasil, kata Wiratmaja, maka pemerintah akan menerapkan penyaluran subsidi pada tahun 2016. “Kita pilot project tahun ini, kalau bagus tahun depan kita terapkan,” pungkasnya.

Terkait metode untuk penyaluran subsidi langsung, Wiratmaja mengakui pihaknya akan menerapkan sistem kartu, subsidi langsung dan finger print (sidik jari).

“Sudah mengerucut supaya Elpiji 3 Kg subsidinya tepat sasaran rumah tangga dan usaha mikro sesuai Peraturan Presiden (Perpres),” pungkasnya. (REZ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here