SHARE
Istimewa

Jakarta, GEO ENERGI – Kekeringan yang melanda sebagian besar Indonesia saat ini, tak ayal mengundang cemas para pemerhati lingkungan di Indonesia. Bahkan, menurut Kepala Bidang Informasi Publik Meterologi, Klimatologi dan Geofisika, A. Fachri Radjab mengatakan bahwa Indonesia sekarang terancam fenomena el nino yang akan menyebabkan suhu udara akan meningkat.

“Saat ini, Indonesia telah memasuki kondisi fenomena alam, el nino. Suhu muka laut di Samudera Pasifik meningkat,” ujar Fachri kepada Geo Energi, Senin (27/7).

Beliau juga menambahkan, dampak berkelanjutan dari fenomena el nino adalah semakin berkurangnya curah hujan. Dan besar kemungkinan, hal tersebut akan sangat memengaruhi para petani Indonesia.

“Kalau dilihat dari musim. Memang saat ini Indonesia sedang musim kemarau. Namun, hal tersebut akan semakin parah dengan adanya fenomena ini (el nino),” tambahnya.

Tidak sampai di situ, sebagai penutup, beliau juga katakan bahwa kondisi kemarau saat ini masih belum ada apa-apanya. Fenomena el nino terparah, pernah terjadi di India. “Ini belum puncaknya. Puncak daripada musim kemarau akan terjadi ketika matahari berada tepat di atas garis khatulistiwa, yang diperkirakan akan terjadi pada bulan September nanti. Meski demikian, di Indonesia tentu tidak akan se-ekstrim di India yang mencapai lebih dari 50 derajat celsus,” tutupnya. (NAA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here