SHARE
Pertambangan PT Freeport Indonesia (ilustrasi).

Jakarta, GEO ENERGI – Proses perpanjangan izin Kontrak Karya PT Freeport Indonesia mengundang perhatian pelbagai kalangan pemerhati sumber daya alam di TanahAir. Sebagian mendesak pemerintah mengambil langkah yang tepat, sehingga negara tidak lagi mengalami kerugian.

Direktur Central for Indonesian Resources Strategic Studies (Ciruss), Budi Santoso menyatakan sudah saatnya Indonesia mengelola sumber daya alam sendiri. “Sudah waktunya kita kelola sumber daya alam Indonesia. Ini momen yang diidam-idamkan para senior kita untuk menerapkan UU yang ada,” kata Budi di bilangan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (7/7).

Selain itu, ia juga mendesak pemerintah segera membentuk Badan Usaha Milik negara (BUMN) khusus, yang fokus menangani pengelolaan tambang emas dan tembaga di Tanah Papua yang hingga kini masih dikuasai oleh perusahaan tambang asal Negeri Paman Sam, PT Freeport Indonesia.

Dikatakan Budi, sumber daya manusia bangsa ini sebetulnya sudah sanggup dan mampu mengelola pertambangan seperti yang dilakukan oleh Freeport. “Ini momen yang kita tunggu-tunggu. Manfaatkan dan buktikan bahwa kita mampu,” tegasnya.(NAA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here