SHARE
Situs Megalitikum Gunung Padang, di Cianjur, Jawa Barat.

Cianjur, GEO ENERGI – Badan Purbakala dan Cagar Budaya Provinsi Jawa Barat akan melakukan pemugaran sisi-sisi situs Gunung padang di Cianjur, Jawa Barat. Hal itu diungkapkan oleh pemelihara situs megalitikum di Jawa Barat tersebut.

“Sampai sekarang, Gunung Padang belum 100 persen selesai. Rencana ke depan, akan dibongkar serta dikikis pinggirnya saja, dan dijanjikan bagian atap tidak akan diubah sedikitpun,” kata Abah Dadi, Juru Pelihara Situs Gunung Padang kepada Geo Energi di Cianjur, Kamis (2/7).

Ia menjelaskan, tindakan tersebut dilakukan untuk meluaskan area situs, termasuk untuk meneliti kembali asal-muasal batuan yang ada di Gunung Padang. “Hingga saat ini, semua pihak belum bisa memutuskan dari mana batuan ini berasal,” jelasnya.

Dari uji karbondating oleh arkeolog, menurut dia ditafsirkan usia batu telah mencapai 15000 tahun. Bilamana batu tersebut dibentuk oleh manusia,berarti sebelum prasejarah, sebelum dinamisme-animisme. “Tapi bila ini batu alam, bisa juga yang menata ini adalah generasi, seperti memang ditata pada era Prabu Siliwangi. Dengan menggunakan benda yang telah ada dan ditata,” tambahnya.

“Semoga, dengan diluaskannya area ini, Cagar Budaya Situs Gunung Padang semakin mendunia. Para arkeolog pun dapat menemukan hasil dari jenis batuan ini,” tutupnya.(NAA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here