SHARE
Salah satu sudut situs megalitikum Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat.

Cianjur, GEO ENERGI – Sebagai salah satu situs purbalala tertua di dunia, Situs Megalitikum Gunung Padang memiliki sejumlah fenomena unik lain, di antaranya simbol angka lima dalam situs tersebut. Hal ini dituturkan oleh salah seorang pemelihara Situs Gunung Padang, Abah Dadi.

“Yang paling menarik dari Gunung Padang adalah serba perwujudan angka 5. Sebagian besarnya, menandakan angka 5,” kata Abah Dadi kepada Geo Energi, di Situs Gunung Padang, Cianjur, Kamis (2/7).

Gunung Padang masih saja mengundang perhatian masyarakat luas, belum lagi panorama lingkungan sekitarnya yang begitu memesona. Letak situs yang dikelilingi 5 gunung, kian menambah daya tarik serta seolah mengamini keunikan situs ini.

“Gunung Padang dikelilingi lima gunung. Gunung Karuhun, Gunung Emped, Gunung Malati, Gunug Pasir Karamat dan Gunung Pasir Malang. Angka 5 itu dimaksudkan sebagai Punden Berundak yang terdiri dari 5 teras. Kemudian, di teras Pandang, kita bisa memandang ke arah 5 gunung. Seperti Gunung Gede, Gunung Pangrango, Gunung Batu, Gunung Pasir Pogor dan Gunung Kancana,” papar Abah Dadi.

Fenomena angka 5, menurut dia bisa kita renungi dari dasar negara Indonesia. “Jadi, Gusti Allah menciptakan angka 5 memang merupakan angka yang strategis. Kenapa? Butir-butir negara saja ada 5 (Pancasila), dalam agama Islam, 5 merupakan Rukun Islam dan yang terakhir, batu-batu yang ada di sini 80 persen sudutnya angka 5. Berarti, angka 5 itu merupakan angka yang strategis,” tutupnya.(NAA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here