SHARE

Jakarta, GEO ENERGI – Pengembangan Bahan Bakar Nabati (BBN) butuh regulasi yang jelas dari pemerintah. Bila tidak ada aturan menyeluruh dari hulu hingga hilir, dipastikan justru bakal menghambat. Hal itu diungkapkan oleh Chairman Indonesia Institute for Clean Energy, Luluk Sumiarso.

“Saya tidak yakin apakah sekarang ada strategi atau tidak. Untuk itu perlu dibuat strateginya, karena menghadapi energi. Kebijakan tanpa diimbangi peraturan akan menghambat,” kata Luluk Sumiarso, melalui pesan tertulis kepada Geo Energi, Kamis (2/7).

Pengembangan BBN, menurut dia harus dalam jangka panjang, dan tidak bisa dengan kebijakan sepengal-sepenggal tanpa diikuti aturan lainnya. Kebijakan secara menyeluruh hingga ke pemerintah daerah, sangat diperlukan karena dukungan pemerintah daerah mutlak perlu guna memfasilitasi pemasaran biodiesel.

“Pengembangan bioenergi terkesan mahal, jika dibandingkan dengan harga BBM di Jakarta dan Jawa. Tetapi, jika dibandingkan dengan harga BBM di lokal setempat, misalnya Papua, tentunya tidak akan mahal,” pungkas Luluk.(ABA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here