SHARE
Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Dwi Soetjipto.

Jakarta, GEO ENERGI – PT Pertamina (Persero) berencana mengakuisisi 60 persen saham PT Rekayasa Industri (Rekind). Sebagaimana diketahui, Rekind merupakan anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero).

“Saya kira mungkin 60 persen. Kami masuk ke Rekayasa Industri, supaya bisa manfaatkan engineering dalam negeri. Itu juga dalam rangka persiapkan investasi Pertamina,” kata Direktur Utama pertamina, Dwi Soetjipto, di Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta, Rabu (1/7).
mengungkapkan,

Dikatakan Dwi, Pertamina dan Pupuk Indonesia telah meneken nota kesepahaman pengembangan kapabilitas di bidang Engineering Procurement Construction (EPC) dan Operation and Maintenance (O&M). Langkah tersebut bisa dilakukan melalui optimalisasi aset atau akuisisi portofolio saham kedua pihak.

Dalam kesepakatan kedua pihak, disetujui adanya pemindahan saham Rekayasa Industri dari Pupuk Indonesia kepada PT Pertamina. Jumlah saham yang akan berpindah diperkirakan lebih dari 50 persen, sehingga Pertamina akan menjadi pemilik.

Investasi dari proyek tersebut, menurut dia bisa mencapai 10 persen dari total investasi Pertamina 2015 sebesar Rp70 triliun. “Jika akuisisi sukses, maka akan meningkatkan kedaulatan energi dari sisi petrokimia.”(ABA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here