SHARE
ILUSTRASI

Jakarta, GEO ENERGI – PT XL Axiata Tbk (EXCL) memastikan bakal mengakuisisi sebagian saham PT Link Net Tbk (LINK) yang akan dilepas PT First Media Tbk (KBLV). Hal itu diungkapkan oleh Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini.

Langkah XL dalam membidik saham Link Net, menurut dia merupakan bagian dari diversifikasi bisnis perseroan. “XL tertarik menjajaki kemungkinan akuisisi Link Net,” kata Dian Siswarini di Jakarta, Selasa (30/6).

Kendati demikian, kini pihaknya juga terbuka dengan beberapa opsi lain, termasuk membangun sendiri bersama operator lain. Karena itu, XL tidak menutup kemungkinan bekerja sama dengan mitra lokal dan asing, termasuk dengan Indosat yang terlibat dalam perburuan saham Link Net.

Adapun banderol yang ditawarkan Link Net menembus US$ 500 juta, dinilai tidak realistis. Karena menurut Dian, angka tersebut mencapai 12x nilai Earning Before Interest tax Depreciation Amortization (EBITDA), dari emiten dengan kode LINK itu.

Sementara itu, President Director & CEO Indosat, Alexander Rusli juga mengaku tertarik dengan Link Net, karena memiliki keunggulan pelanggan yang sudah matang untuk Diber To The Home (FTTH).

Pantauan Geo Energi, First Media akan melakukan divestasi 33,82 persen saham Link Net. Saham yang bakal dilepas mencapai US$ 500 juta. First Media sebelumnya melepas 7,45 persen sahamnya atau 226,68 juta saham dalam Link Net di harga Rp 6.000 per saham pada Oktober 2014.(ABA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here