SHARE
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said

Jakarta, GEO ENERGI – Pemerintah membentuk tim khusus guna mengintegrasikan kebijakan badan usaha pengelola Sumber Daya Alam di Papua. Tim dibentuk guna mengintegrasikan kebijakan terkait SDA dengan rencana pemerintah dalam pembangunan Kawasan Timur Indonesia

“Tim khusus dibentuk melalui Keputusan Presiden RI Nomor 16 Tahun 2015, dan akan menghasilkan cetak biru sejumlah kebijakan pembangunan di Papua,” kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said di Kantor Bappenas, Jakarta, Senin (29/6).

Dikatakan Sudirman, dengan tim tersebut., kajian untuk mengevaluasi dari berbagai aspek bisa dilakukan, baik ekonomi, sosial, budaya, hukum dan lingkungan. Tim diketuai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Andrinof Chaniago.

Pantauan Geo Energi, tim ini bernggotakan 9 Menteri Kabinet Kerja, Jaksa Agung, Kepala BKPM, Gubernur Papua, Gubernur Papua Barat, dan Deputi I Bidang Monitoring dan Evaluasi Kantor Staf Presiden.

Sudirman menjelaskan, tim ini akan menjadi forum pembahasan setiap kontrak karya yang berkaitan dengan pengelolaan SDA di Papua. Kendati demikian, ia masih enggan menyebut rinci apa saja proyek atau kontrak karya yang masih berlaku.

Selain itu, tim ini menjadi forum untuk recana-rencana pembangunan pemerintah di Papua, seperti pengembangan kawasan industri Teluk Bintuni, Papua Barat. “Masing-masing Kementerian teknis mengajukan program, Bappenas bisa menjadi wasitnya,” papar Sudirman.(ABA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here