SHARE
Peluncuran Ekspedisi Sumba oleh HIVOS di Jakarta, Ahad (28/6).

Jakarta, GEO ENERGI – Dalam kampanye iklim dan energi terbarukan di Sumba, Nusa Tenggara Timur, Hivos menggelar program ‘Ekspedisi Sumba’ untuk keempat kalinya. Program ini bertujuan mengajak partisipasi aktif dan dukungan publik terhadap energi terbarukan, khusunya di daerah terpencil seperti Sumba.

“Kami mencari anak muda Indonesia dan Belanda yang berjiwa petualang dan mampu menulis ataupun menceritakan pengalaman travelingnya. Hingga nanti mereka akan menjadi Duta Kampanye Energi Terbarukan,” jelas Robert de Groot, Programme Development Manager Green Energy Hivos Southeast Asia saat peluncuran Ekspedisi Sumba di Jakarta, Ahad (28/6).

Organisasi pembangunan nirlaba non-pemerintah ini bakal melakukan seleksi, sehingga nantinya para pemuda dikirim ke Sumba untuk mengenal budaya dan menganalisa kehidupan penduduk di sana selama dua pekan. Dalam kegiatan tersebut, kebutuhan penduduk akan akses energi akan diwujudkan oleh Hivos.

Hivos berencana menjadikan Pulau Sumba menggunakan 100 persen energi terbarukan pada 2025 mendatang. Diharapkan segala upaya yang dilakukan di Sumba bisa diterapkan juga ke daerah terpencil lainnya di Indonesia.

Salah seorang peserta program ini, Sheila Kartika menyatakan program ini bukan hanya momen bagi para peserta untuk memberi kebaikan untuk masyarakat setempat, tapi juga memberi pelajaran tersendiri bahwa ternyata masih sangat banyak daerah yang kurang maju karena keterbatasan akses energi.

Bila berminat menjadi salah satu partisipan, Anda dapat mendaftarkan diri melalui website www.supportsumba.org atau facebook Ekspedisi Sumba. Pendaftaran dibuka pada 1 hingga 31 Juli 2015. “Tipsnya untuk bisa terpilih sebagai partisipan adalah tunjukkan komitmen dan tujuan kita untuk mengikuti program ini,” kata Sheila.(GDH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here