SHARE

Jakarta, GEO ENERGI – Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, I Gusty Nyoman Wiratmaja mengaku pihaknya tengah menyusun roadmap infrastuktur jaringan pipa gas untuk wilayah Trans Kalimantan.

“Kebijakan jangka pendek jaringan pipa akan dibangun. Sedangkan dalam jangka panjang akan membangun jaringan pipa gas Trans Kalimantan. Mulai dari Kalimantan Timur hingga Kalimantam Selatan. Untuk mewujudkan itu, jaringan gas akan lebih dulu dibangun di Kalimantan Timur,” paparnya di Jakarta, Senin (29/6).

Dijelaskan Wiratmaja, Jaringan gas bakal menggunakan pasokan dari kota Bontang dan Balikpapan, Kalimantan Timur. Sedangkan targetnya, pemerintah menyasar seluruh pengguna gas rumah tangga. “Balikpapan akan dibangun jaringan pipa. Untuk jangka panjang, jaringan pipa sepanjang Kaltim-Kalsel bisa dibangun,” ujarnya.

Terkait investasi yang akan digunakan, Wiratmaja masih enggan menyebutkan. Hanya saja, ia memastikan, dana diperoleh dari swasta dan perusahaan pelat merah. “Anggaran sisanya dapat ditangani oleh APBN,” pungkasnya.(REZ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here