SHARE
Direktur Utama PT Pelindo II, R.J. Lino.

Jakarta, GEO ENERGI– Direktur Utama PT Pelindo II, R.J. Lino menyatakan, sejumlah permasalahan bongkar muat barang atau dwelling time di pelabuhan lebih karena persoalan di Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Kementerian Perdagangan.

“Permasalahan dwelling time terdiri atas tiga bagian, pre customs clearance, custom clearance,dan postcustoms clearance,” kata Lino, dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, di Jakarta, Senin (29/6).

Lino merasa bahwa dirinya menjadi kambing hitam atas persoalan dwelling time, yang sempat membuat Presiden Jokowi marah. Waktu dwelling time yang paling lama, menurut dia ada di bagian pre customs clearance, yang terkait dengan pengeluaran izin dari 8 kementerian dan lembaga.

Secara blak-blakan, Lino menyebut pihak Kementerian Perdagangan sebagai salah satu pihak yang harus bertanggung jawab atas permasalahan dwelling time di Pelabuhan Tanjung Priok. Hal ini lantaran sebagian besar kewenangan pemberian izin dokumen ada di bagian pre customs clearance, yaitu Kemendag.

“Kalau merujuk Undang Undang Nomor 7 tahun 2014 tentang Perdagangan, maka ini Dirjen Perhubungan luar negeri yang bertanggung jawab,” tegas Lino.(ABA)

1 COMMENT

  1. Pemerintah skg ga ngerti apa2 wkwkwk, kemendag itu mesti dibubarin. Setiap tahun mengeluarkan izin impor baru yg tujuannya mempersulit impor krn ini salah satu cara termudah utk mengurangi defisit perdagangan, harusnya mensupport pengusaha lokal biar produknya lbh bisa bersaing. Bayangkan utk membuat izin sni saja importir harus mengeluarkan biaya 100jt dan bisa setahun baru jadi. Blom lagi izin2 yg lain. Kalo memang sdm blom siap jgn keluarkan peraturan baru dong, barang kan jadi tertimbu lama di pelabuhan dan lucu nya negara ini malah menyalahkan importir dgn sengaja menimbun brg di pelabuhan krn biaya lebih murah. Asal anda tau biaya demurrage bisa $40 per hari masa pertama dan masa ketiga bisa $120 per hari di luar biaya penumpukan dari pelindo, sedangkan sewa gudang cuma Rp. 2jt per cont per bulan. Jd kalo nyalahin importir itu hal yg konyol, semua org tau itu gak mungoin dilakukan oleh importir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here