SHARE
Sumur Migas Blok Mahakam, Kalimantan Timur.

Jakarta, GEO ENERGI – Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) menyatakan, seharusnya 100 persen Blok Mahakam harus untuk negara. Mereka menegaskan, pemerintah sangat mampu mengelola Blok Mahakam secara penuh.

“Pertamina siap dan mampu mengelola Blok Mahakam secara penuh, dengan tujuan ketahanan energi menuju kedaulatan negara,” kata Presiden FSPPB, Eko Wahyu Laksmono dalam keterangan tertulis yang diterima Geo Energi di Jakarta, Jumat (26/6).

Termait Blok Mahakam, FSPPB menyatakan ada tiga hal yang harus diperhatikan oleh seluruh pemangku kepentingan. Pertama, meminta Presiden Joko Widodo mengoreksi Keputusan sharedown pengelolaan Blok Mahakam, yang menjadikan Pengelolaan Blok Mahakam tidak 100 persen untuk Pertamina sesuai PP Nomor 35 Tahun 2004.

Kedua, memerintahkan seluruh konstituen FSPPB untuk waspada menyikapi perkembangan terhadap keputusan pemerintah, dengan tetap menjaga kelancaran distribusi energi nasional. “Bersiap melakukan perenungan kreatif sebagai bentuk upaya agar Blok Mahakam kembali ke Indonesia 100 persen.”

Ketiga, seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat Indonesia dipermaklumkan, bahwa kemungkinan aksi yang dilakukan akan menyebabkan hambatan dalam pendistribusian energi. Mengingat, upaya tersebut merupakan wujud dalam memperjuangkan kepentingan yang lebih besar demi kedaulatan energi bangsa yang bermartabat.

“Pengelolaan Blok Mahakam kembali menjadi perhatian utama, setelah pemerintah mengeluarkan keputusan tentang siapa yang berhak mendapatkan jatah untuk mengelola wilayah yang kaya akan sumber energi migas di Tanah Air itu,” papar Eko Wahyu.(ABA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here