SHARE
ILUSTRASI

Jakarta, GEO ENERGI – Anak perusahaan PT Pertamina (Persero), PT Pertagas menargetkan proyek pipa gas di Sumatera Utara, Belawan-Kawasan Industri Medan (KIM)-Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei, bakal selesai pada September 2015.

“Sejak peresmian peletakan batu pertama proyek oleh Presiden Joko Widodo pada 27 Januari 2015, proyek penanaman pipa gas terus menunjukkan kemajuan,” kata Direktur Utama Pertagas, Hendra Jaya dalam pesan tertulis di Jakarta, Kamis (25/6).

Ruas antara Belawan hingga KIM menggunakan pipa dengan diameter 18 inchi, dan berkapasitas alir gas 89 juta kaki kubik per hari (MMSCFD). Adapun jalur KIM-KEK memiliki diameter 12 inchi, dengan kapasitas 40 MMSCFD.

Ia menjelaskan, proyek pipa tersebut merupakan langkah lanjutan, menyusul pengoperasian terminal penerimaan dan regasifikasi gas alam cair (LNG) di Arun, Aceh termasuk pipa ruas Arun-Belawan.

Sejauh ini, Pertagas Niaga sudah menandatangani kesepakatan pasokan dengan KIM dan KEK Sei Mangkei. Adapun proyek pipa tersebut bakal memenuhi kebutuhan gas KIM sebesar 75 MMSCFD, dan KEK Sei Mangkei juga 75 MMSCFD.

Karena itu, Terminal LNG Arun akan menjadi pemasok gas ke pipa Arun-Belawan dan Belawan-KIM-KEK. Sedangkan gas dari Kilang Tangguh, Papua dijalankan oleh PT Badak NGL.(ABA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here