SHARE
Limbah Kelapa Sawit (ilustrasi)

Jakarta, GEO ENERGI – Limbah kelapa sawit memiliki potensi energi listrik hingga lima gigawatt. Hal itu diungkapkan oleh Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konversi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Rida Mulyana.

“Ada 850 pabrik kelapa sawit. Jika satu pabrik produksinya 30-40 ton per hari, kurang lebih listrik yang dihasilkan empat megawatt. Itu satu pabrik, jika semuanya kurang lebih lima gigawatt,” kata Rida di Jakarta, Rabu (24/6), dalam sebuah diskusi bertajuk ‘Energi Kita’ di Gedung Dewan Pers.

Ia menjelaskan, begitu besarnya potensi energi yang dihasilkan limbah kelapa sawit, hal itu bakal memperingan pelaksanaan program pembangkit listrik 35.000 megawatt. “Itu baru energi hasil konversi limbah, belum lagi sumber yang lain. Karena itu, kita ingin ini dikembangkan.”

Dalam catatan Rida, hingga Desember 2014, total ekspor kelapa sawit diperkirakan mencapai 20,8 miliar dolar amerika. Angka tersebut meningkat delapan persen dibanding nilai ekspor pada tahun sebelumnya, sekitar 19,23 miliar dolar.

Pada di 2014, dengan produksi 31 juta ton, maka potensinya untuk diolah menjadi biogas pun sangat tinggi.(ABA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here