SHARE

Jakarta, GEO ENERGI – Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri menyelidiki alasan di balik penunjukan PT Trans Pasific Petrochemical Indotama (TPPI) oleh PT PLN (Persero).

PLN menunjuk TPPI sebagai pemasok BBM jenis high speed diesel (HSD), terkait dugaan tindak pidana korupsi tender pengadaan BBM HSD pada 2010.

Kepala Subdirektorat I Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri, AKBP Ade Deriyan mengatakan, pihaknya menemukan PLN telah menunjuk TPPI sebagai salah satu pemasok BBM. “Kedua perusahaan tersebut telah menyepakati perjanjian kontrak selama empat tahun,” kata Ade di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (25/6).

Dalam pelaksanaannya, TPPI hanya mampu melaksanakan perjanjian selama satu tahun, karena perusahaan tersebut selanjutnya bangkrut. Sejauh ini, menurut dia tim verifikasi dari PLN telah mengetahui bahwa TPPI tidak memenuhi syarat sebagai pemasok BBM, karena perusahaan tersebut sedang bermasalah.

Dalam kasus ini, mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan telah diperiksa polisi sebagai saksi. Menurut kuasa hukum Dahlan, Yusril Ihza Mahendra kasus ini berawal dari adanya kebutuhan PLN akan pasokan sebanyak sembilan juta ton BBM per tahun untuk pembangkit listrik bertenaga diesel di berbagai daerah di Indonesia.(ABA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here