SHARE
ILUSTRASI

Jakarta, GEO ENERGI – Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) melakukan sejumlah langkah strategis guna menindaklanjuti instruksi Presiden Jokowi, agar kebutuhan kapal dapat dipenuhi oleh industri galangan kapal dalam negeri.

“BKPM akan mendorong investor yang baru masuk dan membutuhkan kapal untuk membeli dari industri galangan kapal nasional,” kata Kepala BKPM, Franky Sibarani, Senin (22/6).

Salah satu langkah yang akan dilakukan BKPM, menurut dia adalah mendorong industri galangan kapal nasional meningkatkan utilisasi, sehingga dapat memenuhi seluruh kebutuhan dalam negeri. Data Bappenas 2014 menyebutkan, proyeksi kebutuhan kapal di Indonesia mencapai 1.000 unit per tahun.

Adapun kemampuan galangan kapal dalam negeri, kini baru mencapai 30 persen dari jumlah tersebut. Langkah alternatif yang bakal dilakukan, yakni melakukan kerja sama dengan asosiasi industri kapal nasional untuk mengidentifikasi dan mendata kapal-kapal yang dibutuhkan, tapi belum dapat diproduksi oleh industri galangan kapal dalam negeri.

“BKPM akan menarik investasi sektor perkapalan hanya untuk jenis kapal yang tidak bisa diproduksi dalam negeri dan investasi sektor perkapalan yang terintegrasi dengan industri komponen kapal. Mengingat, hingga saat ini 70 persen komponen perkapalan masih impor,” paparnya.(ABA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here