SHARE
ILUSTRASI

Jakarta, GEO ENERGI – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) meluncurkan implementasi sistem baru pelaporan keuangan, bernama Extensible Business Reporting Language (XBRL). Sistem ini dikenal sebagai standar format pelaporan bisnis yang sudah digunakan secara global berbagai institusi pasar modal dunia.

“XBRL memungkinkan informasi bisnis yang akurat dapat didistribusikan secara efisien melalui internet. Sistem ini dapat langsung diolah, sesuai dengan kebutuhan investor dan pengguna data lainnya di seluruh dunia,” kata Direktur Utama PT BEI, Ito Warsito di BEI, Senin (22/6).

Tahap awal implementasi XBRL, menurut dia BEI mengembangkan taksonomi dalam proses pelaporan keuangan perusahaan tercatat. Di mana berfungsi untuk standarisasi format penyajian pelaporan dari seluruh sektor.

Sistem ini merupakan validasi pelaporan keuangan berdasarkan ketentuan akuntansi, termasuk ketentuan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK). “Jenis laporan keuangan yang harus dilaporkan adalah posisi keuangan, laporan laba rugi, perubahan equitas dan arus kas,” paparnya.

Dengan sistem tersebut, perusahaan tercatat akan menyampaikan laporan keuangan secara berkala. Adapun teknologi yang digunakan untuk XBRL adalah mengintegrasikannya ke dalam sistem pelaporan elektronik perusahaan tercatat di IDXnet.(ABA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here