SHARE
Dirjen Migas Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmaja

Jakarta, GEO ENERGI – Direktorat Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menugaskan SKK Migas untuk mengevaluasi aset negara di Blok Mahakam, Kalimantan. Penugasan ini diberikan setelah keluarnya keputusan pemberian hak tata kelola kepada PT Pertamina.

“Setelah keluarnya keputusan tersebut, kami menugaskan SKK Migas melakukan evaluasi aset yang ada di Blok Mahakam. Baik fasilitas permukaan dan bawah air,” kata Dirjen Migas Kementerian ESDM, Wiratmaja Puja, di Jakarta, Jumat (19/6).

Ia menjelaskan, bila evaluasi sudah selesai dilakukan, berikutnya dilakukan tindakan alih kelola dan akses Blok Mahakam dengan PT Pertamina. “Akan dilakukan pembahasan ‘term and condition’ terkait pengelolaan Blok Mahakam yang akan memakan waktu cukup lama,” paparnya.

Ia berharap, penandatanganan kontrak baru Blok Mahakam bisa rampung hingga akhir 2015. Sebelumnya, Menteri ESDM Sudirman Said menetapkan pembagian hak tata kelola Blok Mahakam dengan keputusan 70 persen akan dikelola Pertamina dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Adapun 30 persen sisanya, akan diberikan kepada Total E&P dan Inpex, sebagai bentuk apresiasi karena telah turut berinvestasi di Wilayah Kerja (WK) Blok Mahakam.(ABA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here