SHARE
ILUSTRASI

Jakarta, GEO ENERGI – Konsorsium PT Wijaya Karya (Persero) Tbk memenangi tender investasi Pembangunan Jalan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) senilai Rp1,5 triliun.

Tol Soroja sepanjang 8,15 kilometer itu rencananya terhubung dengan ruas Tol Padalarang-Cileunyi, dengan 3 pintu keluar jalan tol antara lain; Marga Asih, depan Stadion Jalak Harupat, dan Kantor Pemkab Bandung.

WIKA konsorsium bakal membentuk Badan Usaha Jalan Tol, yang kelak menjadi perusahaan asosiasi bersama anggota konsorsium yang lain. Yakni PT CMNP dan PT Jasa Sarana dengan konsesi (umur operasi) selama 45 tahun. “Porsi kepemilikan saham WIKA 25 persen dan selebihnya dimiliki anggota konsorsium lainnya,” kata Direktur Operasi I WIKA, Gandira Gutawa melalui pesan tertulis di Jakarta, Rabu (17/6).

Proyek ini akan segera dimulai dengan pembangunan fisik pada akhir 2015, dan ditargetkan selesai sebelum event Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016. Karena, sejumlah venues PON ada di kawasan Soreang, Kabupaten Bandung.

Pembangunan jalan tol ini disebut-sebut menjadi angin segar bagi masyarakat Bandung Raya, karena akhirnya proyek ini bisa segera terealisasi. Proyek ini diharapkan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi, khususnya di wilayah Soreang dan mendukung destinasi wisata alam dan agro di Kabupaten Bandung.(REZ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here