SHARE

Jakarta, GEO ENERGI – Guna mempermudah askses masyarakat terhadap karya ilmiah, baik berupa data, informasi dan pengetahuan, Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII) LIPI mengenalkan sistem layanan International Standard Serial Number (ISSN) Online dan sistem Mobile Web Launcher.

Peluncuran dilakukan bertepatan dengan perayaan ulang tahun PDII LIPI ke-50. “Kami mengambil tema ‘Dokumentasi Menjamin Akses dan Pelestarian Karya Ilmiah Bangsa’ di mana menjadi ajang promosi dan pengenalan sistem dokumentasi karya ilmiah secara online,” ucap Ketua PDII LIPI, Sri Hartinah saat membuka acara Acara 50 Tahun PDII LIPI, di Jakarta, Senin (15/6).

Dengan pendaftaran online, menurut dia memudahkan penerbit karya ilmiah agar tidak perlu ke PDII LIPI pusat di Jakarta saat mendaftarkan untuk mendapatkan ISSN. Selain itu, silincurkan Mobile Web Launcher di mana penerbit dimudahkan untuk menerbitkan jurnal ilmiahnya secara online.

“Sekarang semuanya dibuat melalui satu pintu dan online. Hanya berkas yang sudah lengkap yang nantinya diharuskan membayar. Semua dibuat agar mudah dan dapat diawasi,” jelas Sri. Dalam acara ini juga digelar workshop tentang kedua program online tersebut. Termasuk ekspose produk jasa dokumentasi dan informasi ilmiah, yang diikuti seluruh pegawai PDII.

“Acara ini kami gelar dengan harapan sebagai bukti PDII LIPI menjadi institusi layanan publik akan terus meningkatkan peran dan pendekatan kepada pemangku kepentingan dan masyarakat untuk memperoleh masukan,” tutup Sri.(GDH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here