SHARE

Bengkulu, GEO ENERGI – Bupati Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Ichwan Yunus mencabut 11 izin perusahaan pertambangan batu bara di daerah tersebut. Pencabutan isin didasari karena perusahaan-perusahaan tersebut dinilai tidak memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat.

“Sebagian besar izin perusahaan pertambangan yang dicabut masih dalam tahap eksplorasi dan penyusunan analisis mengenai dampak lingkungan. Tidak memberi dampak ekonomi, tapi merusak lingkungan,” kata Icwan di Bengkulu, Ahad (14/6).

Sebelumnya, dilaporkan adanya rangkaian penolakan masyarakat terhadap perusahaan pertambangan batu bara di sekitar wilayah mereka. Termasuk ada perusahaan yang berada di dalam kawasan hutan, dan belum memiliki izin pinjam pakai.

“Dari kunjungan ke beberapa daerah yang sudah memiliki perusahaan pertambangan, terbukti perusahaan pertambangan itu tidak memberikan dampak positif bagi masyarakat,” paparnya.

Perusahaan-perusahaan pertambangan batu bara itu, menurut dia lebih banyak menyengsarakan masyarakat dan hanya meninggalkan debu dan jalan rusak. “Pertambangan batu bara sudah terbukti tidak dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, bahkan menghilangkan ruang kelola rakyat.(ABA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here